Hardisk

Image of a computer hard drive.

Hard disk drive adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan data utama komputer. Hardisk termasuk jenis memori utama sebuah komputer yang menyimpan data secara permanen, disamping memori RAMyang hanya menyimpan data secara sementara. Memori komputer, yaitu RAM dan Hardisk semuanya memiliki jenis. Jenis yang ada adalah merupakan hasil pengembangan dari jenis sebelumnya, yang umumnya semakin ditingkatkan kapasitas dan kecepatannya. Antarmuka biasanya juga berbeda-beda dari tiap jenis hardisk, misalnya hardisk SATA, jumlah pin konektor power dan pin antarmukanya berbeda dengan jenis IDE. Untuk lebih jelas, marilah kita bahas tentang jenis hardisk yang ada saat ini.

Berikut tiga jenis Hardisk yang digunakan pada banyak komputer sekarang:

  1. IDE Hard drive
  2. SATA Hard drive
  3. SCSI Hard drive

IDE Hard Drive:

IDE Singkatan dari P Integrated Device Electronics, juga disebut dengan hardisk PATA (paralel Advanced Technology Attachment) . Hard disk IDE ini memiliki antarmuka data  40pin,  dan 4 pin konektor powe. IDE dilengkapi juga dengan Jumper untuk mengubah pengaturan untuk menghubungkannya dengan motherboard. Hardisk jenis ini memiliki kapasitas serta kecepatan paling rendah dari jenis SATA dan SCSI. Kabel ATA digunakan untuk menghubungkan Hard disk ini ke motherboard. Pilihan kapasitas penyimpanan yang tersedia untuk drive IDE antara lain: 10GB, 20GB, 40GB, 80GB, 120GB, 160GB, 250GB dan 320GB.

SATA Hard Drive:

SATA adalah singkatan dari Serial Advanced Technology Attachment. Hardisk jenis ini memiliki 4 pin antarmuka data 4pin, dan 7 pin antarmuka power. Berbeda dengan IDE, SATA  tidak menggunakan pin jumper, karena tidak memerlukan pengubahan pengaturan. Hardisk SATA ini memiliki kecepatan serta kapasitas yang tinggi jika dibandingkan dengan hard disk IDE, namun berada dibawah hardisk jenis SCSI. Kabel yang digunakan hardisk jenis SATA untuk menghubungkannya dengan motherboard adalah kabel SATA dengan 4 pin. Pilihan kapasitas yang tersedia untuk drive ini yaitu: 80GB, 120GB, 160GB, 250GB, 320GB, 500GB, 1TB dan 2TB.

SCSI Hard Drive:

SCSI adalah singkatan dari Small Computer System Interface. Hardisk ini pada umumnya  memiliki 50-68 pin.  Kecepatan dan kapasitas SCSI sangat tinggi, melebihi kecepatan yang dimiliki oleh hardisk jenis IDE dan SATA drive. Kabel data yang digunakan untuk menghubungkannya dengan motherboard adalah kabel SCSI 50-68 pin. Karena kapasitas dan kecepatannya yang sangat tinggi, umumnya SCSI digunakan di komputer server. Kapasitas yang ada: 160GB, 250GB, 320GB, 500GB, 1TB, 2TB, 5TB dan 10TB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s